Setelah sebelumnya calon mahasiswa telah berhasil menentukan pilihan jurusan kuliah secara tepat, maka saatnya memilih kampus yang tepat pula. Sangat banyak faktor yang bisa dipertimbangkan dalam memilih kampus, bukan hanya karena akreditasinya tetapi juga faktor-faktor lain yang terkadang malah tidak terpikirkan sebelumnya.

Pada kesempatan kali ini kami sampaikan tips-tips atau cara memilh kampus favorit sebagai berikut :

  1. Mampukah otak saya?

Dalam hidup ini, kita harus berpikir realistis. Calon mahasiswa harus dapat mengukur diri sendiri baik dalam hal kemampuan akademik . Jika Calon mahasiswa merasa dapat lulus dalam tes masuk perguruan tinggi yang bergengsi dan hasilnya memang lulus sih tidak ada masalah. Yang jadi masalah besar adalah jika kemampuan akademik rata-rata tetapi karena kepercayaan diri yang berlebihan sehingga nekat memilih kampus terfavorit dan akhirnya malah tidak lulus maka calon mahasiswa telah membuang kesempatan untuk berkuliah di kampus yg tepat. Tepat dalam hal sesuai dengan kemampuan akademik calon mahasiswa tersebut. Solusi untuk faktor ini adalah calon mahasiswa dapat belajar lebih giat lagi atau bisa mengikuti bimbingan belajar (bimbel).

 

  1. Mampukah kantong saya?

Walaupun kemampuan akademik calon mahasiswa sangat bagus, tetapi apabila kemampuan finansialnya pas-pasan atau malah kurang jika kuliah di kampus-kampus elit juga dapat menjadi perhatian kita. Banyak mahasiswa yang memaksakan diri kuliah di kampus yang tergolong mahal tetapi ujung-ujungnya jadi tidak bisa fokus kuliah karena harus bekerja ‘sampingan’ (kuliah sambil kerja) untuk menutupi biaya kuliah. Solusi untuk faktor ini adalah mencari beasiswa baik sebelum masuk kuliah ataupun beasiswa yang ada didalam kampus itu sendiri.

 

  1. Lokasi Kampus

Lokasi kampus juga bisa menjadi salah satu pertimbangan calon mahasiswa dalam menentukan kampus yang tepat.  Mahasiswa yang lokasi tempat tinggalnya jauh dari kampus akan boros biaya, potensi telat datang kuliah, pusing jika ada barang atau tugas yang ketinggalan di rumah, dan yang paling sering adalah mengalami keleahan sehingga mengurangi konsentrasi mahasiswa. Solusi untuk hal tersebut adalah ngekos disekitar kampus.

 

 

Add comment


Security code
Refresh